Minggu, Januari 20, 2013

Beberapa Tools yang membantu dalam melakukan Audit TI

Computer-assisted audit techniques (CAATs) atau computer-assisted audit tools and techniques (CAATTs) adalah sebuah alat atau metode untuk membantu proses audit. CAATs umumnya menyediakan software produktifitas kantor seperti spreadsheet(sejenis Excel atau Numbers), word processors (sejenis Word atau Pages) dan program edit teks, serta berbagai paket software yang unggul lainnya yang berguna dalam menganalisa statistik dan sebagai peralatan permudah bisnis.

Standard tools tersebut dikembangkan sebagai framework yang disusun berdasarkan best pratices dari hasil riset serta pengalaman bertahun-tahun dalam kegiatan audit TI. Framework tersebut tentunya mengalami penyempurnaan yang berkelanjutan sebagai upaya menciptakan standar yang semakin baik, efektif dan efisien.


 
Berikut ini adalah standard tools/framework yang terdapat di dunia:



Nama ProdukPerusahaan
Audit Command Language (ACL)ACL Services Ltd.
Quick Data Analyse & Conversion (QDAC)QDAC.net 
Interactive data extraction and analysis (IDEA) CaseWare International 
IDEA (Interactive data extraction and analysis)           AuditWare UK
ESKORT Computer Audit (SESAM)Intracom IT Services Denmark A/S 
ActiveData For ExcelInformationActive Inc
CorpSystem ActiveDataCCH / Wolters Kluwer
MonarchDatawatch Corporation 
TopCAATs for ExcelReinvent Data Ltd
PicaloPartly Open Source
qzCAATTQuadZero LLC
countTXTBollingen Software, LLC
DB SecretsSoft Magnet Technologies
Find Duplicate Records (FDR)Bollingen Software, LLC
Enterprise Assurance Solution (EAS)Shelter IT
The Audinator (spreadsheet audit tool)Analytic Solutions, Inc.


 Beberapa Penjelasan dari contoh alat audit :
  1. COBIT® (Control Objectives for Information and related Technology) lebih jelasnya klik COBIT
  2. Disusun oleh Information Systems Audit and Control Foundation (ISACF®) pada tahun 1996.
    COBIT merupakan standar yang dinilai paling lengkap dan menyeluruh sebagai framework IT audit karena dikembangkan secara berkelanjutan oleh lembaga swadaya profesional auditor yang tersebar di hampir seluruh negara. Dimana di setiap negara dibangun chapter yang dapat mengelola para profesional tersebut. Hal yang menarik dari COBIT adalah adanya versi khusus untuk skala usaha kecil-menengah (UKM) yang disebut COBIT Quickstart.
  3. COSO (Committee of Sponsoring Organisations of the Treadway Commission) Internal Control—Integrated Framework
  4. COSO adalah organisasi swasta yang menyusun Internal Control – Integrated Network bagi peningkatan kualitas penyampaian laporan keuangan dan pengawasan internal untuknya yang lebih efektif.
    Tujuan dari penyusunan framework ini adalah peningkatan sistem pengawasan terpadu untuk pengendalian perusahaan/organisasi dalam beberapan langkah. Hal ini diarahkan untuk memberikan para pemegang kebijakan di organisasi dapat melakukan pengawasan internal dalam pelaksanaan tugas kepada para eksekutif, mencapai laba yang menguntungkan serta mengelola resiko-resiko yang timbul.
    Internal Control – Integrated Framework yang disusun oleh COSO diterbitkan pertama kali pada tahun 1992 dan masih diperbarui hingga saat ini. Hingga saat ini COSO maupun organisasi lainnya tidak melakukan/menerbitkan sertifikasi keahlian/profesional bagi framework ini.
    Lingkup kriteria informasi yang sering menjadi perhatian dalam Internal Control – Integrated Framework COSO adalah: 
    • Effectiveness
    • Efficiency
    • Confidentiality
    • Integrity
    • Availability
    • Compliance
    • Reliability
    Jika dilihat dari lingkup kriteria informasi di atas maka dapat dilihat bahwa komponen-komponen yang menjadi perhatian dalam Internal Control – Integrated Framework COSO identik dengan COBIT.
    Sedangkan fokus terhadap pengelolaan sumber daya teknologi informasi pun dalam Internal Control – Integrated Framework COSO identik dengan COBIT.
  5. ITIL (Information Technology Infrastructure Library)
  6. Sebenarnya ITIL bukan merupakan standar dalam audit TI. ITIL lebih merupakan framework/best practice bagi IT service management untuk menciptakan layanan teknologi informasi yang bermutu tinggi.
    ITIL terdiri atas delapan buku berseri yang disusun dan diterbitkan oleh Central Computer and Telecommunications Agency (CCTA) yang sekarang dikenal sebagai the British Office of Government Commerce (OGC).
    Delapan serial buku ITIL tersebut terdiri atas: 
    • Software Asset Management
    • Service Support
    • Service Delivery
    • Planning to Implement Service Management
    • ICT Infrastructure Management
    • Application Management
    • Security Management
    • Business Perspective
    British Standard (BS) 15000 adalah sertifikasi keahlian/profesional yang diterbitkan oleh Pemerintah Inggris untuk manajemen TI dimana ITIL dapat digunakan sebagai panduan dalam penetapan sertifikasi.
    Sedangkan untuk pemusatan perhatian pada kebutuhan keamanan sistem diterbitkan sertifikasi BS 7799 yang berdasarkan pada bagian dari BS 15000.
    Sertifikasi untuk IT service management terbagi atas tiga tingkat yaitu: 
    • Foundation certificate
    • Sertifikasi ini diberikan setelah menjalani kursus selama tiga hari dan lulus dari ujian tulis dengan model pilihan berganda. Sertifikat untuk tingkatan ini merupakan sertifikasi pertama dari tingkatan yang ada.
    • Practitioner’s certificate
    • Untuk mencapai tingkatan ini diperlukan proses penilaian dan pengujian dengan mengikuti kursus, studi kasus serta ujian tulis dengan model pilihan berganda. Di tingkatan ini sertifikasi diberikan secara khusus pada bagian tertentu saja (spesialisasi).
    • Manager’s certificate
    • Untuk memperoleh sertifikasi ini harus menempuh sepuluh hari pelatihan, akreditasi dari badan khusus serta lulus dari dua kali ujian tulis dalam model uraian.
    Lingkup kriteria informasi yang sering menjadi perhatian dalam ITIL adalah: 
    • Effectiveness
    • Efficiency
    • Confidentiality
    • Integrity
    • Availability
    • Compliance
    • Namun pada bagian kriteria informasi ini tidak terlalu terfokus seperti dalam COBIT.
    Sedangkan fokus terhadap pengelolaan sumber daya teknologi informasi dalam ITIL identik dengan COBIT.
  7. ISO/IEC 17799:2005 Code of Practice for Information Security Management
  8. ISO/IEC 17799:2005 Code of Practice for Information Security Management adalah standar internasional. Tujuan utama dari penyusunan standar ini adalah penerapan keamanan informasi dalam organisasi. Framework ini diarahkan untuk mengembangkan dan memelihara standar keamanan dan praktek manajemen dalam organisasi untuk meningkatkan ketahanan (reliability) bagi keamanan informasi dalam hubungan antar organisasi.
    Dalam framework ini didefinisikan 11 (sebelas) bagian besar yang dibagi dalam 132 (seratus tigapuluh dua) strategi kontrol keamanan. Standar ini lebih menekankan pada pentingnya manajemen resiko dan tidak menuntut penerapan pada setiap komponen tapi dapat memilih pada bagian-bagian yang terkait saja.
    Edisi pertama dari ISO/IEC 17799:2005 Code of Practice for Information Security Management diterbitkan pada tahun 2000 dan edisi keduanya terbit pada tahun 2005.
    Sejak edisi kedua tersebut ISO/IEC 17799:2005 Code of Practice for Information Security Management menjadi standar resmi ISO yang berdampak pada diperlukannya revisi dan pemutakhiran setiap tiga hingga lima tahun sekali.
    Pada bulan April 2007, ISO memasukkan framework ini ke dalam ISO 2700x series, Information Security Management System sebagai ISO 27002. Standar tersebut dapat digolongkan dalam best practice termutakhir dalam lingkup sistem manajemen keamanan informasi.
    Secara langsung tidak ada sertifikasi untuk ISO/IEC 17799:2005. Namun terdapat sertifikasi yang sesuai dengan ISO/IEC 27001 (BS 7799-2).
    Pada standar ini terdapat perbedaan perhatian lingkup kriteria informasi dibandingkan dengan COBIT. Dimana dalam ISO/IEC 17799:2005 tidak memfokuskan pada effectiveness dan efficiency serta hanya memberikan sedikit perhatian pada reliability.
    Sedangkan pada pengelolaan sumber daya TI dalam ISO/IEC 17799:2005 tidak terlalu memfokuskan padainfrastructure.

0 komentar:

Posting Komentar

Thanks :)