Jumat, November 30, 2012

Pengertian dan Tingkatan Kualitas Gambar WP, CAM-Rip, CAM, TS, TC, R5, SCR, DVD-scr, TV-Rip, DVD-Rip, HDTV-Rip, DVD, sampai ke BLU-RAY / HD-DVD

     Terdapat beberapa kualitas video dan audio yang membedakan pada saat mendownload film bajakan dari Internet. Dimulai dari kualitas WP, CAM-Rip, CAM, TS, TC, R5, SCR, DVD-scr, TV-Rip, DVD-Rip, HDTV-Rip, DVD, sampai ke BLU-RAY / HD-DVD.
   Berikut akan di jelaskan mengenai arti atau singkatan dari kualitas gambar yang telah disebutkan :


  • WP (WorkPrint)
 Video ini biasanya dibuat dari versi film yang belom jadi alias setengah matang.. Biasanya tipe ini kehilangan efek film, adegan film yang belum di potong, tanpa teks, msh ada "time index marker", terkadang ada watermark, dll. Biasanya versi ini keluar jika film tersebut adalah film yang dinanti2 alias film calon box office. Yang paling heboh adalah Film Man In Black II (MIIB) dimana versi WP-nya beredar dengan semua alien-nya tidak ada, karena belum selesai di-render.
  • CAM-Rip atau CAM
 Sumber film direkam dari bioskop dengan menggunakan video kamera portabel / handycam. Selain gambarnya buram, lalulalang penonton yang lewat, suaranya juga buruk karena banyak noise yang ikut terekam, misal suara penonton. Diantara itu semua yang paling menyebalkan adalah, gambar kadang sering bergerak-gerak, hal ini mungkin disebabkan karena kamera yang digunakan untuk merekam film tersebut bergoyang. Kualitas kamera saat mengambil gambar sangat berpengaruh pada hasil.
  • TS (TeleSync)
 Sama seperti kualitas CAM berasal dari rekaman bioskop hanya saja pada saat perekaman si perekam meletakkan alat audio recording dekat dengan sumber suara yang kemudian suara tersebut disatukan dengan hasil rekaman videonya menggunakan software video editor sehingga kualitas suara yang dihasilkan dari jenis video ini bisa dikatakan lumayan baik daripada kualitas CAM diatas, dan untuk kualitas gambar sama saja dengan kualitas CAM tergantung dari peletakan kamera pada saat merekam.
  • TC (TeleCine)
 Mesin telechine (telesinema) mengcopy (menduplikat) film secara digital langsung dari pita film proyektor (reels). Kualitas gambar dan suaranya bagus, karena dicopy dari sumber aslinya. Biasanya film ini masih memiliki time counter di atas dan bawahnya layarnya.  Biaya pembuatan yang cukup mahal membuat tipe ini sudah jarang di pasaran.
  • R5
 Video yang dirilis di beberapa negara/daerah tertentu atau biasanya hasil selundupan. Kualitasnya baik karena mengkopi langsung dari DVD asli.

Nah setelah anda tau arti dari semua jenis format video bajakan sekarang anda yang tentukan sendiri mana yang lebih baik untuk anda download. Mungkin artikel diatas banyak kekurangannya, bagi yang mau menambahkan silakan berkomentar saja nanti akan saya tambahkan ke postingan.
  • SCR (Screener)
 SCR itu merupakan pre-release sebuah film yang biasanya direkam dalam format kaser VHS yang didistribusikan oleh pembuat film ke toko2 rental, media, televisi untuk tujuan promosi. Film jenis ini biasanya dicopy dari video VHS yang telah resmi di release. Ciri khas film dengan flag ini adalah, masih adanya peraturan undang-undang hak cipta di awal film tersebut. Kualitasnya cukup baik, karena dicopy dari sumber aslinya langsung. Ciri utamanya adalah ditengah2 film suka ada teks berjalan (ticker) yang berisi kata-kata yang bersifat promosi ata informasi tentang film tsb. Terkadang cuma tampil bbrp detik tapi ada juga yang tampil sepanjang film.
  • DVD-Scr (DVD-Screener)
Film hasil salinan dari sebuah PROMO DVD yang keluar sebelum DVD asli dipasarkan. Video jenis ini biasanya akan terdapat berbagai kelemahan dalam video nya seperti tanda air/watermark dalam video (hanya sebagian layar), tulisan/teks berjalan tanda preview atau di beberapa bagian dari video tersebut berubah-rubah warna yang asalnya full color menjadi hitam putih. Untuk kualitas suara biasanya lumayan baik.
  • TV-Rip (Episode)
 Film dengan jenis ini, biasanya direkam langsung pada saat film tersebut sedang disiarkan. Kulitas bergantung pada stasiun televisi yang menyiarkan, apakah film tersebut disiarkan dalam format high definition atau tidak. Kalau film tersebut disiarkan dengan format high definition, maka kualitasnya akan sangat baik. Contoh untuk flm dengan flag ini adalah film-film serial amerika, misal House MD, Walking Dead, How i met your mother dll.
  • DVD-Rip
Ini merupakan hasil copyan dari DVD yg sudah dirilis secara resmi. Kualitas ini menyamai DVD aslinya dimana biasanya informasi region dan proteksi copy sudah dilumpuhkan oleh si ripper sehingga DVDRip ini mudah untuk di distribusikan.  Kualitas gambar dan suaranya sangat baik (DVD Quality), mendownload film jenis DVDRip sama saja dengan anda membeli DVD asli.
  • HDTV-Rip
Video hasil salinan/copy dari sebuah channel HDTV (High Definition Television). Untuk kualitas gambar dan suaranya sangat baik namun biasanya pada bagian atas atau bawah layar dipotong untuk menutupi sumber channel yang direkam.
  • DVD (DVD-Full atau Repack)
 DVD asli dijadiin file .iso terus diupload. Besarnya bisa 4GB lebih. Biasanya menggunakan format layar lebar dan perbaikan dari release sebelumnya.
  • BLU-RAY / HD-DVD
Kualitas yang paling baik saat ini. Besarnya lebih dari 5GB. Resolusi berkisar dari 720p - 1080p dengan tampilan video yang sangat jernih dan audio yang tepat.

4 komentar:

gilangprimasejati@gmail.com mengatakan...

Makasih infonya
sangat membantu :)

Qais ghoziyudin mengatakan...

klo web-dl masuk yang mana om?

Unknown mengatakan...

thank infonya..

elbin mengatakan...

thank's infonya gan.

Posting Komentar

Thanks :)