Sabtu, Oktober 13, 2012

Teknologi Telematika : Google+ Hangout

Teknologi Telematika adalah suatu integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
 
Google Plus (plus.google.com) adalah layanan sosial network dari Google dan merupakan suatu penerapan telematika di bidang komunikasi. Dengan layanan ini pengguna dapat mengupdate status, photo, video, link, dsb. Seperti layanan sosial network lainnya, Google Plus juga menawarkan fitur sosial untuk berinteraksi dengan teman, rekan kerja, rekan sekolah, atau rekan bisnis.

Untuk menggunakan Google Plus, pengguna aktif tidak perlu repot-repot untuk mendaftar karena Google sudah menintegrasikan semua layanan mereka dalam satu akun, pengguna yang sudah pernah terdaftar di Gmail, Youtube, Blogger bisa langsung mengakses Google Plus.




 Google + diPublish dengan quota yang terbatas, inilah yang ditunggu-tunggu oleh tim Google yang telah lama mengerjakan proyek Google+ selama bertahun-tahun yang dipimpin oleh "Vic Gundotra, Google’s senior vice president of social", Proyek ini sempat ditunda beberapa kali dan inilah jawaban atas Facebook.
Google Plus juga mempunyai fitur video chat yang disebut Hangout. Melihat pada demo Google+ sudah terlihat bahwa Gundotra dan timnya telah berpikir tentang setiap aspek dan detail dari Google + secara menyeluruh. Foto, video dan pengalaman mobile tidak terkecuali.

Google telah menciptakan sebuah seksi khusus untuk melihat, mengelola dan mengedit multimedia. Tab foto membutuhkan user untuk semua foto dia telah di share bersama, serta yang ia ditandai (tag) masuk. Ini bukan hanya menandai foto, meskipun: Google + termasuk editor gambar (lengkap dengan Instagram-seperti efek foto ), opsi privasi dan fitur berbagi.

Fitur video chat mungkin menjadi salah satu aspek yang paling menarik dari Google +. Gundotra dan timnya berpikir tentang mengapa grup chat belum menjadi fenomena utama. Analogi dari Gundotra: Dia membandingkannya dengan mengetuk pintu tetangga pada jam 8 malam - kebanyakan orang tidak melakukannya karena itu bukan norma sosial. Namun, jika sekelompok teman sedang duduk di beranda dan kita hanya kebetulan berjalan, membuat kita tidak sopan karena tidak menyapanya.

Itulah konsep di balik "Hangouts/Nongkrong" fitur grup baru Google chatting. Alih-alih  meminta seorang teman untuk bergabung dengan grup chat, pengguna tinggal klik "Start a Hangout / mulai nongkrong" dan mereka langsung dalam sebuah video chatroom sendiri. Pada saat yang sama, pesan keluar untuk lingkaran sosial mereka, membiarkan mereka tahu bahwa teman mereka sedang "Hanging out / nongkrong" Hasilnya, Google telah ditemukan di pengujian internal, adalah bahwa teman-teman bergabung dengan cepat.

Salah satu fitur keren dari Hangouts adalah bahwa hal itu tidak menempatkan jendela obrolan pada layar untuk setiap peserta. Sebaliknya, Google melakukan perubahan layar chat untuk siapa pun yang sedang berbicara. Dengan cepat beralih dari video feed ke video feed yang lain, bergerak lebih cepat dalam kelompok yang lebih besar. Para anggota maksimum dalam setiap Hangout video adalah 10, meskipun pengguna bisa mendapatkan pada daftar tunggu dan menunggu seseorang untuk pergi.
Namun kabarnya, Facebook bekerja sama dengan Skype meluncurkan fitur video chat sehingga 750 juta penggunanya di seluruh dunia dapat melakukan video chat baik one-to-one maupun berkelompok. Fitur ini ditengarai merupakan "jawaban" Facebook atas fitur Hangouts di Google Plus.

0 komentar:

Posting Komentar

Thanks :)