Kamis, Oktober 07, 2010

Sistem ASCII

ASCII (American Standard Code for Information Interchange) berupa kode 7 bit yang menyajikan beberapa data. ASCII merupakan suatu standar internasional dalam kode huruf dan simbol seperti Hex dan Unicode tetapi ASCII lebih bersifat Universal. Kode standar Amerika untuk pertukaran Informasi ini sebenarnya memiliki komposisi bilangan biner sebanyak 8 bit. Total kombinasi yang dihasilkan sebanyak 256, dimulai dari kode 0 hingga 255 dalam sistem bilangan Desimal.

ASCII merupakan set karakter yang paling umum digunakan hingga sekarang. Set karakter ASCII terdiri dari 128-(27) buah karakter yang masing masing memiliki lebar 7 bit atau gabungan tujuh angka 0 dan 1 dimulai dari 00000000 hingga 11111111. Walaupun ASCII menggunakan kode 7-bit tetapi dalam pelaksanaanya tetaplah 8-bit yang digunakan, sebab masih menggunakan extra bit yang digunakan untuk mendeteksi berbagai kesalahan yang timbul.

Komputer sendiri pada awalnya memiliki ukuran memori yang sangat terbatas dan 128 karakter dianggap memadai untuk menampung semua huruf Latin dengan tanda baca nya dan beberapa karakter kontrol. ASCII telah dibakukan oleh ANSI (American National Standars Institute) menjadi standar ANSI X3.4-1986.

0 komentar:

Posting Komentar

Thanks :)