Sabtu, Oktober 09, 2010

Pengertian Defragment dan Clean Up

Sering kali kita mendengar istilah defragment dan clean-up. Tapi terkadang kita belum mengetahui arti sebenarnya dan cara kerja dari 2 tools ini. Kita hanya menyimpulkannya sebagai tools yang membantu kinerja komputer kita. Nah, disini saya akan membahas pengertian 2 buah system tools ini.
A. Defragment
Defragment ialah utility tools yang cara kerja nya menata ulang atau mengurutkan file file atau data pada harddisk berdasarkan jenis file atau data sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses read atau write. Kita dapat mengibaratkannya proses defragment seperti kegiatan menaruh buku baru di perpustakaan. Kita harus menaruh buku baru tersebut sesuai jenis bacaannya dan urutan edisi nya, jadi buku tersebut dapat dengan mudah dicari untuk dibaca. Sehingga kinerja komputer kita lebih cepat dan ringan.
B. Clean-up
Clean-up ialah utility tools yang cara kerja nya membersihkan file file yang sudah tidak berguna lagi (seperti cookies, temporary file, web history, dll). Proses Clean-up harus dilakukan karena file file tersebut memakan memori pada harddisk kita. Jangan takut proses clean-up akan menghilangkan data data penting dari harddisk kita, karena proses ini hanya membersihkan atau menghapus data data yang tidak dibutuhkan lagi seperti sampah.

Proses 2 buah utility tools ini sangat bermanfaat dan sebaiknya dilakukan 2x dalam sebulan untuk mencegah terjadi nya penumpukan file file sehingga proses defrag dan clean-up terlalu lama dilakukan. Sebaiknya pula lakukan 2 proses ini pada saat makan, tidur, atau hal hal lain pada saat anda tidak menggunakan komputer sehingga proses defragment dan clean-up dapat berjalan dengan lancar dan cepat. Saran saya lakukan Clean-up terlebih dahulu, sebelum di defragment agar optimal.
What do u think?

2 komentar:

Anonim mengatakan...

terima kasih banyah

Anonim mengatakan...

thanks ilmunya... sukses selalu

Poskan Komentar

Thanks :)