Jumat, Maret 04, 2011

Fungsi Add Remove Programs


CONTROL PANEL
Fungsi dari control panel Merupakan utiliti atau program khusus pada operasi Windows di mana kita bisa mengatur setting semua jenis alat atau fasilitas yang tergambar dalam layar ini.Dari control panel ini terdapat icon pada setiap icon tersebut mempunyai fungsi yang berbeda untuk mengontrol semua perangakat dari hardware maupun software yang merupakan satu ke satuan dari sistem komputer.



 
ADD or REMOVE PROGRAMS
Sistem operasi Windows menyediakan fasilitas bernama Add or Remove Programs yang berguna untuk mempermudah User dalam pemakaian aplikasi. Dapat diakses melalui menu Start submenu Control Panel.
Fungsi umum dari fasilitas Add or Remove Programs ialah untuk menambah maupun mengurangi suatu program aplikasi (software) yang terinstall pada sistem operasi Windows.
Dalam kotak dialog Add or Remove Programs kita dapat menentukan proses yang akan dilakukan dengan menggunakan icon proses yang ada di sisi kiri kotak dialog tersebut. Kemudian menentukan program aplikasi yang akan diproses pada sisi kanan kotak dialog.

Adapun Icon Proses pada Add or Remove Programs, sebagai berikut :

Change or Remove Programs :

Berfungsi untuk mengubah program aplikasi yang telah dipasang dan dicatat pada sistem operasi Windows atau menghapus keberadaan program aplikasi dari sistem operasi Windows.

Untuk memprosesnya kita gunakan tombol proses bernama Change/Remove. Setelah itu, ikuti interaksi proses berikutnya.

Add New Programs :
Berfungsi untuk memasang aplikasi baru pada sistem operasi Windows atau memperbaharui sistem operasi Windows itu sendiri.
Untuk memasang program aplikasi baru pada sistem operasi Windows, gunakan tombol proses bernama CD or Floppy.
Untuk memperbaharui modul dari sistem operasi Windows, gunakan tombol proses bernama Windows Update.
Setelah itu, ikuti interaksi proses berikutnya.
Untuk memasang program aplikasi baru pada sistem operasi Windows, gunakan tombol proses bernama CD or Floppy.
Untuk memperbaharui modul dari sistem operasi Windows, gunakan tombol proses bernama Windows Update.
Setelah itu, ikuti interaksi proses berikutnya.
Windows Components :
Berfungsi untuk memodifikasi fasilitas sistem operasi Windows.
Pada waktu prosesnya, sistem akan menampilkan kotak dialog bernama Windows Components Wizard.


Pada saat itu, aktifkan nama fasilitas yang akan dipasang. Pasifkan (non aktifkan) fasilitas tersebut jika tidak ingin disertakan pada sistem komputer.
Dalam suatu fasilitas , akan ada suatu subfasilitas (pilihan proses lainnya). Untuk menampilkan atau mengubah penyertaan subfasilitas ke sistem komputer gunakan tombol Details, ketika fasilitas yang bersangkutan sedang aktif terpilih. Pasifkan subfasilitas tersebut jika tidak ingin disertakan pada sistem komputer.
Pesan saya, untuk mengefisienkan sumber daya sistem komputer atau meningkatkan kinerja komputer sebaiknya sertakan fasilitas/subfasilitas yang dibutuhkan saja pada sistem operasi Windows.

Set Program Access and Defaults
Sebuah Program yang berguna untuk mengatur konfigurasi pada komputer berdasarkan pilihan yang ada untuk berbagai aktifitas, seperti Web Browsing atau mengirim email, yang dimana program program ini dapat di akses dari Start Menu, desktop atau lokasi lain untuk mempermudah.


Ada 3 pilihan utama,
A. Microsoft
Pengaturan default yang sudah diberikan Microsoft untuk sistem operasi anda.
B. Non-Microsoft
Pengaturan default dari penyesuaian sistem operasi lain.
C. Custom
Pengaturan yang dapat kita pilih sendiri sesuai kebutuhan kita.



What do u think?

0 komentar:

Poskan Komentar

Thanks :)